Tumbuhan Aneh dan Menakjubkan - jilid 1

Senin, 17 Oktober 2016

Jamur Berdarah

 
 

Tumbuhan pertama yang aneh tapi nyata ini bernama hydnellum peckii atau jamur gigi berdarah, dari sekian banyak jenis yang biasa kita temukan, jamur yang satu ini termasuk yang paling unik dan tak bisa dimakan.

Keunikan pertama terletak pada bentuknya yang berbintil merah seperti darah, itu sebabnya jamur ini dijuluki jamur berdarah. Selain mengeluarkan bintil merah, jamur ini juga menghasilkan spora pada permukaan vertikal duri yang menggantung di permukaan tubuh buahnya.

Jamur ini termasuk anggota dari genus hydnellum dari famili bankeraceae, spesiesnya sendiri adalah hydnoid, dan dengan mudah ditemukan di amerika utara, eropa dan pada tahun 2008 lalu ditemukan juga di Iran.

Karena masuk dalam spesies mikoriza, jamur ini punya hubungan mutualisme atau saling menguntungkan dengan berbagai pohon konifer, tumbuh dengan dua cara, tersebar sendiri-sendiri dan juga menyatu dalam massa yang jumlahnya acak.

Bagian buah jamur ini biasanya memiliki topi berbentuk corong dengan tepi yang berwarna putih, tapi jika dikumpulkan, bentuknya ternyata bervariasi. Saat masih berusia muda badan buahnya lebih lembab sehingga just merah terang berisi pigmen akan merembes, zat merah ini dikenal memiliki sifat antikoagulan yang mirip heparin.

Alasan lain mengapa jamur ini tidak dimakan karena menurut para ahli jamur ini rasanya sangat pahit dan tajam meskipun dipercaya terdapat senyawa kimia yang berguna untuk kesehatan manusia.


Ubi Berbentuk Manusia



Di Cina ada fenomena unik dan aneh, yaitu ditemukannya ubi yang mirip tubuh manusia, tidak hanya mirip tetapi sangat mirip bahkan memiliki ciri-ciri berupa jenis kelamin pria dan wanita. Waduh, apa benar ya? meskipun sulit dipercaya tetapi fenomena unik ini memang benar adanya.

Ubi berbentuk tubuh manusia ini pertama kali ditemukan oleh seorang petani di cina, tepatnya di provinsi langzhong bernama zheng dexun. Penemuan ini tentu menarik perhatian umum, mereka pun berbondong-bondong ke tempat tersebut untuk melihat secara langsung ubi yang dimaksud.

Ubi tersebut punya bagian tubuh nyaris lengkap sebagaimana tubuh manusia, misalnya di bagian kepala terdapat mata dan hidung yang menonjol, kemudian mempunyai tangan, kaki serta tonjolan dada dan juga lekukan perut. Uniknya ubi tersebut juga memiliki jenis kelamin sehingga membuat siapapun yang menyaksikan akan terheran-heran dan mulai percaya dengan hal-hal klenik.

Karena tertarik dengan temuan ini, seorang penduduk kemudian membeli ubi tersebut dengan harga 600 yuan atau sekitar Rp 1.2 juta. Selidik punya selidik ternyata ia sengaja membeli ubi tersebut untuk kemudian diberi tempat yang layak agar siapapun bisa melihatnya.

Buah Pir Berbentuk Budha



Tumbuhan yang satu ini tergolong unik walaupun dihasilkan dari hasil rekayasa. Adalah seorang petani bernama hao xianzhang yang berhasil menemukan cara jitu untuk merubah bentuk buah pir yang biasanya bulat menjadi bentuk budha bertapa, lho kok bisa ya?

Pengen tahu kan bagaimana caranya membuat buah pir ini bisa berbentuk patung budha,, ternyata hao membungkus satu per satu buah pir saat masih berukuran kecil dengan menggunakan plastik yang sudah dirancang sedemikan rupa,, setelah dibungkus buah dibiarkan tumbuh hingga kemudian lekukan buah mengikuti cetakan plastik yang berbentuk patung budha.

Hao Xianzhang telah menghabiskan waktu 6 bulan untuk bisa mendapatkan bentuk yang paling mendekati patung budha. Terobosannya ini lantas membuat buah dari hasil kebunnya laris manis hingga ke mancanegara di antaranya sampai ke jepang dan dalam waktu dekat akan diekspor ke eropa terutama inggris.

Buah ini dibanderol sangat mahal, untuk 1 buahnya saja anda harus merogoh kocek hingga 5 poundsterling atau mancapai 100 ribu rupiah. Tapi jangan salah, meskipun dijual dengan harga sangat mahal buah pir ini laris manis tanjung kimpul lho, dikarenakan bentuknya yang unik.