Tanaman Yang Memiliki Racun Mematikan

Senin, 17 Oktober 2016

7 Tanaman yang ternyata Bisa Membunuh Kita. Jika Kita membicarakan tanaman, tentu yang terbayang dalam benak Kita adalah keindahan, kecantikan atau kekokohan. Namun bagaimana dengan 7 tanaman pada daftar di bawah ini yang ternyata sangat-sangat menakutkan. Sebagian diantaranya bahkan memakan makhluk hidup berupa hewan, sedangkan sebagian lainnya memiliki racun mematikan, yang bahkan Kita manusia dapat mati karenanya.

Nepenthes Attenboroughii


  



Tanaman ini dinamai sama dengan nama Sir David Attenborough. Bentuknya seperti kendi besar dengan tambahan lonceng yang sangat khas. Kantup tersebut berisi cairan dengan bentuk yang tegak, sangat sempurna sebagai alat jebak dan perangkap alami bagi serangga serta hewan pengerat kecil. Yang membuat unik dari tanaman karnivora ini memang kemampuannya untuk mengonsumsi tikus, yang mana sulit dilakukan oleh tanaman jenis lainnya.


Brugmansia


Memang jika dilihat dari jauh tanaman ini sangat indah. Bahkan dalam spesiesnya, Brugmansia memiliki berbagai jenis warna yang indah. Sayangnya tanaman ini merupakan satu dari beberapa jenis tanaman paling beracun di dunia. Entah Kamu makan bijinya, daunnya ataupun menghadapkan wajah ke bawah bunganya, maka tanaman ini akan mengeluarkan racun yang dapat menyebabkan diare, kebingungan, halusinasi, amnesia hingga kematian.

Ageratina Altissima


Tanaman lainnya yang tidak kalah cantik namun sangat mematikan adalah Ageratina Altissima. Meskipun sangat indah, tanaman ini memiliki racun yang bisa membunuh Kita. Manakala tanaman ini dikonsumsi oleh sapi, bukan hanya sapi tersebut yang sakit, namun susu serta dagingnya menjadi tercemar oleh racun yang sama. Sedangkan jika dikonsumsi manusia maka penyakit mengerikan akan menghampiri. Ribuan orang telah meninggal karena tanaman ini, termasuk Nancy Lincoln, ibu dari Abraham Lincoln.

Aconitum Napellus




Ciri-cirinya berwarna biru keungu-unguan, bentuknya sangat cantik menawan. Namun jangan tertipu, bunga yang sering digunakan sebagai hiasan ini ternyata memiliki racun yang dapat menyerang jantung secara mematikan. Itu mengapa Aconitum Napellus sering digunakan sebagai cairan diujung panah dan tombak saat berburu mangsa.

Darlingtonia Californica




Darlington California juga sering disebut dengan nama cobra karena bentuknya yang seperti liukan ular, lengkap dengan lidah dan taring. Salah satu tanaman karnivoria paling mematikan di dunia ini biasa menjebak dan mencerna serangga. Yang unik dari tanaman ini adalah Anda tidak bisa membunuhnya dengan cara dibakar karena nantinya akar dari tanaman ini akan meregenerasi dan tumbuh lagi.

Cephalotus Follicularis


  


Seperti yang ada di gambar, Cephalotus Follicularis merupakan tanaman karnivora yang menjerat mangsanya dengan kantung seperti mulut. Pada beberapa bagiannya terdapat gigi-gigi tajam yang siap menghancurkan apa saja yang masuk ke dalamnya. Pada bagian dalam kantung tanaman ini juga terdapat bagian-bagian rumit yang membuat mangsa kebingungan.

Dionaea Muscipula





Sepertinya tanaman yang terakhir ini adalah yang paling terkenal karena sering ada pada film dan game. Dengan daun yang mirip monster, tanaman ini dapat memangsa berbagai jenis serangga, termasuk juga laba-laba. Daunnya memiliki dua lapis dengan sisi-sisi bergerigi tajam. Manakala mangsa terperangkap maka daun tersebut akan menutup. Tanaman ini sendiri banyak ditemukan di Pantai Timur Amerika Serikat.