Tumbuhan Yang Aneh dan Menkajubkan - jilid 5

Senin, 17 Oktober 2016

Sea Anemone Mushroom/Octopus Stinkhorn (Jamur Sengatan Tanduk Gurita)





Bentuk Jamur yang satu ini memang unik dan berbeda dengan jenis jamur pada umumnya. Tumbuhan unik dan aneh ini berasal dari Autralia. Saat tanaman ini tumbuh dewasa pada bagian tengahnya akan mengeluarkan sebuah tentakel seperti gurita. Untuk bertahan hidup jamur ini sering mengeluarkan bau tak sedap yang bisa menarik lalat untuk hinggap diatasnya.

Porcupine Tomato (Tomat Landak)



 
  



Tanaman Porcupine Tomato (Tomat Landak) berasal dari Madagaskar. Memiliki julukannya Little Australia. Selain duri yang tajam dan beracun, Porcupine Tomato (Tomat Landak) adalah spesies yang berpotensi invasif, karena sulit untuk mati, bahkan dalam kekeringan. Tanaman Porcupine Tomato (Tomat Landak) menyebar cepat, dan dapat mencapai tinggi 8 meter, dalam jumlah yang relatif singkat.

Nama latin dari tumbuhan Porcupine Tomato adalah Solanum pyrachanton. Tanaman Porcupine Tomato memiliki aneka macam racun tropane alkaloids di daunnya, durinya maupun buahnya yang sangatlah berbahaya bagi manusia.


Cedar-Apple Rust Fungus (Cedar-Apel Jamur Karat)






CARF adalah infeksi jamur yang menyerang cedar dan pohon apel.Ini menghasilkan bola jamur globular di mana saja dari inci 1 / 4 sampai 2 inci dengan diameter dan kantung "tanduk spora" ketika cuaca basah, mengubahnya menjadi bola Koosh dari neraka.


Buddha’s Hand (Tangan Buddha)




Buah dengan nama Buddha’s Hand ini merupakan salah satu buah dengan bentuk unik yang ditemukan di negara Asia. Seperti yang terdengar oleh namanya. Buah ini mempunyai bentuk seperti jari – jari tangan manusia dengan corak warna kuning. Buah ini juga merupakan salah satu buah yang jika di negara barat merupakan makanan dengan harga yang mahal. Tak hanya itu, Beberpa warga di Jepang dan Cina memanfaatkan buah ini sebagai pengharum ruangan. Karena aromanya yang khas seperti buah jeruk.