Tanaman Pembawa Keberuntungan - Jilid 3

Sabtu, 15 Oktober 2016

1. Cempaka Mulya (Michelia figo - Banana Shrub - Port Wine Magnolia)
     Memperoleh berkat dan karunia Yang Maha Kuasa.




2. Wijaya Kusuma (Epiphyllum oxypetalum) 
     Memperoleh kejayaan hidup, keharuman nama serta berkat Tuhan



3. Melati: Nilai kesucian hati

4. Cemara/Pinus: umur panjang dan keteguhan jiwa.

Cemara Udang (Casuarina equisetifolia)


Cemara Angin (Casuarina junghuhniana)


Sumatran Pine (Pinus merkusii)

 

5. Mawar


Ternyata mawar tidak selalu hanya identik dengan cinta. Bagi sebagian masyarakat tanaman satu ini bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah bila di tanam di perkarangan rumah. Rezeki ini tidak hanya berhubungan dengan materi, tapi juga rezeki kebahagiaan dan keberuntungan.


6. Keladi Besar


Perumpamaan ’tua-tua keladi, makin tua makin jadi’ memang sesuai dengan tanaman yang satu ini. Diyakini, semakin besar keladi yang ditanam di halaman rumah, semakin besar pula rejekinya. Konon, orang yang menanam keladi di halaman rumahnya akan dijauhkan dari pencurian. Malang jadi malas masuk halaman rumah karena tanaman keladi seolah menutup pandangannya. 


7. Pandan


Selama ini pandan lebih dikenal sebagai tanaman dapur. Kalaupun ditanam di halaman rumah tujuannya tetap untuk masak memasak. Namun ternyata bagi sebagian peternak di Indonesia, pandan digunakan untuk melindungi ayam dari musang. Binatang ini akan lari kalau melihat pandan. Bentuknya yang panjang dan berwarna hijau, ternyata mampu mengelabui musang dan dikira ekor induk ayam.


8. Sedap Malam


Tanaman ini berasal dari Meksiko dengan nama latin Polianthes tuberose. Dikenal sebagai tanaman abadi oleh suku Agavace di Afrika. Tanaman ini memang unik karena memiliki wangi yang kompleks, mulai dari wangi manis sampai eksotis. Beberapa negara memakai tanaman ini untuk bahan dasar pembuatan minyak wangi. Selain harum, konon sedap malam mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Ketenangan ini sebagai efek dari wewangian yang dihasilkan.