Tumbuhan Yang Aneh dan Menakjubkan - jilid 3

Senin, 17 Oktober 2016

Devils hand (Chiranthodendron pentadactylon)



Sekali Anda melihat gambar dari bunga ini, Anda akan menyangka bahwa ini ada di film monster atau tokusatsu. Bentuknya mirip dengan tangan setan yang mana berwarna merah dengan garis-garis hitam pekat. Bunga tangan iblis ini asli dari Meksiko, tepatnya di suku kuno Aztec.

Parrot Flower (Impatiens psittacina)




Parrot atau nuri adalah julukan dari bunga ini. Apa alasannya? Tidak lain tidak bukan karena bentuk bunga ini menyerupai burung nuri atau beo. Bunga ini bisa Anda temui di Manipur, India, Burma ataupun daerah kecil di utara Thailand dekat Chiang Mai.

Bee Orchid (Ophrys bombyliflora)



 









Bunga lainnya yang tidak kalah unik dan aneh, Ophrys bombyliflora. Bunga ini dijuliki si lebah bukan karena bentuknya yang mirip dengan lebah, Anda salah. Yang benar adalah karena bunga ini dibantu penyerbukannya langsung oleh lebah. Hal ini semakin unik karena Bee Orchidberasal dari Malta.

Swaddled Babies (Anguloa uniflora)



Swaddled Babies artinya adalah bayi terbungkus. Sama seperti bentuk dari bunga ini, yaitu menyerupai bayi yang terbungkus oleh kelopak bunga. Tanaman ini ditemukan antara tahun 1777 sampai 1788 di Kolombia dalam sebuah ekspedisi. Bunga ini semakin unik karena setiap tanaman memiliki banyak kelopak bunga mirip dengan bayi yang menggantung.

Hooker’s Lips (Psychotria elata)




Ternyata bukan hanya manusia dan hewan yang memiliki bibir, bunga juga bisa memiikinya. Tanaman yang termasuk ke dalam genus Rubiaceae ini ditemukan di kolombia dan ternyata memiliki kemampuan untuk memproduksi bahan kimia psychedelic.